Selasa, 13 Desember 2011

Sony Ericsson Xperia Pro MK16i

Nyaman mengetik dengan keyboard slide






Embel - embel kata pro pada produk ini bukan tanpa makna, karena memang kata pro seringkali digunakan vendor untuk menandai sebuah produk smartphonenya ditujukan bagi pengguna dikalangan professional. Untuk mengakomodasi hal tersebut, produk dengan tambahan kata pro biasanya memiliki keyboard QWERTY fisik, seperti pada Samsung Galaxy Pro B7510, LG Optimus Pro C660, Motorola PRO dan Huawaei U8800 Pro.

Desain

Xperia Pro bukanlah produk pertama yang menggunakan kata pro dan membawa keyboard fisik full QWERTY dari Sony Ericsson. BGers tentu ingat produk seperti X10 mini pro dan Xperia mini pro yang beredar dipasar sebelumnya. Ketiganya memiliki kesamaan yakni tambahan keyboard fisiknya dapat diakses dengan mekanisme side slide.

Bedanya, Xperia pro memiliki dimensi bodi yang jelas lebih besar dibanding kedua pendahulunya tersebut. Hal ini memberi Xperia pro kelebihan tersendiri berkat layar serta area keyboard yang tentu saja juga lebih besar.

Meski dimensi panjang dan lebar Xperia pro lebih besar dibanding Xperia mini pro. HP ini memiliki ketebalan yang lebih tipis sehingga membuatnya tetap nyaman dikantong. Bahan plastik dengan finishing gloxxy memang tampak elegan namun membuat HP ini terasa licin dan mudah meninggalkan bekas jari pada bodi Xperia Pro.


Display

Sperti halnya Arc S, Xperia Ray dan beberapa HP pintar milik Sony Ericsson lainnya yang saat ini beredar, Xperia pro mengadopsi teknologi Mobile Bravia Engine yang mampu meningkatkan kontras, menampilkan gambar dengan ketajaman yang lebih baik, warna yang lebih natural serta mengurangi nise pada gambar yang ditampilkan

Tak hanya unggul pada kualitas tampilannya, layar milik Xperia pro juga memiliki reponsifitas yang baik terhadap setiap input sentuhan, belum lagi luas layar yang mencapai 3,7 inchi ini tetap nyaman digunakan mengetik saat BGers sedang tidak ingin menggunakan keyboard fisik.


Sistem operasi dan Interface

Selain bravia engine, Xperia pro juga membawa ciri khas smarphone Sony Ericsson lainnya pada setor user interface, Timescape UI. Secara default Xperia pro menampilkan 5 buah panel yang terisi penuh oleh beberapa widget shorcut.

Uniknya, saat pengguna melakukan pinch pada homescreen, layar tidak menampilkan mode pengaturan panel seperti biasa ditemukan pada perangkat android umumnya melainkan widget yang ada pada setiap panel tadi seolah berterbangan dilayar dan pengguna dapat menyentuh salah satunya untuk langsung menggunakan widget yang dimaksud.

Memasuki menu utama tampak setiap aplikasi yang dimiliki tersaji dengan tampilan multi panel menyamping. Dibagian bawah layar tampak 3 buah ikon yang terletak disebelah kiri dapat BGers gunakan untuk memilih metode penyusunan aplikasi pakah berdasarkan nama , tingkat seringnya aplikasi yang digunakan atau berdasarkan waktu penginstalan. Bgers juga dapat menyusun sendiri aplikasi dengan menekan ikon paling kanan dibawah layar, sementara ikon terletak ditengah berfungsi untuk kembali ke tampilan hoscreen.

Kamera
Tka hanya unggul dalam bidang kantoran, Xperia pro juga punya nilai tambah untuk urusan mengabadikan gambar berkat kamera 8 MP lengkap dengan sensor Exmor R yang meningkatkan kualitas tangkapan kamera Xperia pro dalam kondisi minim pencahayaan.

Xperia pro memberikan 5 pilihan capturing mode yang dapat diakses dengan menekan ikon paling atas disebelah kiri layar saat berapa dalam orientasi landscape. Salah satu pilihannya adalah 3D sweep panorama dimana pengguna dapat mengabadikan foto dalam bentuk panorama berformat 3D, sayangnya dimensi dedalamn baru terasa saat HP ini dihubungkan ke perangkat 3DTV melalui port HDWI yang tersedia.

Dalam mode perekama video xperia pro tak kalah ciamik. Pasalnya HP ini dapat merekam video dalam resolusi HD. Fitur image stabilizer membuat gambar yang direkam tetap halus meski saat perekaman terjadi banyak pergerakan pada HP.


Fitur Kantoran
Seperti yang telah disinggung diawal, Xperia pro menyasar calon pengguna profesional yang tidak hanya menggunakan HP untuk kebutuhan komunikasi melainkan juga memanfaatkannya untuk mendukung pekerjaannya.

Hal tersebut tentu membuat Xperia pro tidak akan jauh dari kegiatan mengetik, beruntung area papan ketik yang lebih luas dibanding Xperia mini pro memungkinkan ukuran tombol yang juga lebih besar dan nyaman untuk pengetikan cepat.

Fitur type dan send berupa widget memungkinkan pengguna untuk langsung mengetik pesan utnuk kemudian dikirim melalui SMS, Email, Facebook bahkan aplikasi pihak ketiga lainnya. Selain itu fitur ini juga dapat digunakan untuk melakukan pencarian di internet.

Saat pengguna membaca sebuah email kemudian membuka keyboard Xperia pro, pilihan untuk membalas atau mengalihkan email langsung muncul pada layar. Sementara saat sedang menjalankan browser kemudian keyboard dibuka, pengguna dapat langsung mengetikkan alat situs atau pencarian di internet. Teknologi inilah yang disebut oleh smard keyboard oleh Sony Ericsson.

Untuk mendukung pekerjaan, Xperia pro juga dilengkapi aplikasi FofficeSuite Pro yang siap menggantikan tugas software office saat dalam perjalanan atau situasi tidak memungkinkan BGers untuk menggunakan komputer.


Internet dan Konektifitas

Selayaknya HP pintar berbasis Android, Xperia pro juga mengantongi browser kaya fitur untuk memenuhi kebutuhan pengguna berselancar di dunia maya. Bedanya bebrapa fitur pada browser isa diakses dengan shorcut seperti saat menggunakan browser pada komputer misalnya, pengguna dapat menambahkan daftar bookmark hanya dengan menekan tombol menu + a.

Beragam pilihan jalur konektifitas untuk menghubungkan xperia pro ke perangkat lain juga semakin menambah daftar kelebihan HP ini. Pengguna dapat menghubungkan Xperia Pro ke TV atau display monitor melalui port HDMI yang disediakan atau menghubungkan flashdisk ke Xperia pro untuk melihat isinya berkat dukungan teknologi USB On The Go


Tidak ada komentar:

Posting Komentar