Rabu, 04 Januari 2012

Ultrabook, Tren Baru di tahun 2012?




Melihat kesuksesan Apple dalam memasarkan komputer jinjing ultra tipis yang diberi nama macbook air para vendor komputer ternama pun mulai tergugah untuk memproduksi jenis laptop serupa yang disebut ultrabook.

Akhir tahun 2011 merupakan awal persiapan vendor ternama untuk memproduksi dan memasarkan ultrabook. Dengan spesifikasi yang mumpuni bukan tidak mungkin di tahun 2012 ini netbook benar - benar tersingkir karena kehadiran laptop ultra tipis ini. Seperti kita tahu bahwasanya netbook merupakan laptop mungil yang jadi tren di tahun 2011 dengan berbagai keterbatasan dan harga yang murah.

Inti kekuatan sebuah komputer jinjing yang utama adalah sumber daya dan kenyamanan dalam menggunakan. Perlu kita ketahui netbook mempunyai sumberdaya yang terbilang cukup untuk digunakan dalam kegiatan mobile namun kekurangan berada pada layar yang tidak begitu lapang. Hal ini tentunya juga mengurangi tingkat kenyamanan pengguna.

Ultrabook terkini sudah terbenam teknologi ramah lingkungan yang pastiny hemat energi atau yang akan kita sebut dengan teknologi hybrid.

Sebagai catatan bahwasanya di tahun 2011 kemarin, vendor seperti acer sudah memproduksi ultrabook yang diberi nama Aspire S3, ASUS dengan zenbook, lenovo dengan Ideapad U300S, dan Toshiba dengan Portege Z830 denan kekurangan dan kelebihannya masing - masing.

Bagaimana nasib Apple dengan Macbook Air-nya? Kami memprediksi ada 2 ultrabook yang akan jadi idola di Tahun 2012 ini.

Yang pertama Apple MacBook Air, desainnya yang super tipis dan kokoh, buksn tidk mungkin akan diadopsi ke laptop - laptop produksi apple yang lain. Dan kita berharap Apple juga akan memberikan spesifikasi yang handal dan harga yang lebih miring.

Yang kedua adalah Ultrabook besutan vendor lain seperti yang disebutkan diatas. Kebanyakan ultrabook saat ini sudah menggunakan prosesor i5 dan i7, jadi tidak ada perbandingan yang cukup jauh dari masing - masing vendor. Dengan ketebalan kurang dari 15mm, lebih tipisbila dibandingkan notebook dan netbook. Beratnya pun juga lebih ringan kurang dari 2 kg, dan dibenamkan dengan spesifikasi hardware yang tinggi.

Saat ini yang menjadi kendala utama pemasaran ultrabook adalah hargNya yang terbilang tinggi untuk konsumsi masyarakat menengah ke bawah, karena awalnya ultrabook memang didesain khusus untuk kalangan eksekutif atau high end dengan aktivitas mobile tinggi.

Berdoa saja supaya banyak vendor yang memproduksi ultrabook dan akan terjadi kompetisi sehingga dampaknya kepada harga yang relatif lebih murah.


- Posted using BlogPress from my iPad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar